12/27/11

How I achive my dream Part 1

Helloooo,,,I wanna share about my experience to achive my dream :)
Agak telaatt sih,,tapi gapapa laah yaaa :p Jadi begini ceritanya, Juli-Agustus itu adalah waktunya liburan semester genap buat para mahasiswa. Udah dari tahun 2010, aku pengen banget ngerasain exchange ke luar. Alhasil, untuk meraih keinginanku itu, aku hunting international event and also summer school. Setelah 2 kali gagal diterima di AYF Taipei dan Urban Planning SS in Finland :( , aku tetap tidak patah semangat!! hahaha Akhirnya aku semangat apply buat SS di University of Hongkong (kampus yang aku kunjungin pas KKP!) dengan mengambil tema tentang environment. FYI, saat itu temen-temen seangkatanku yang lainnya sedang sibuk mengurusi KKN mereka. Ya benar, Kuliah Kerja Nyata. Dan aku dengan enaknya menunda KKN ku demi bisa ikut exchange hahahaha. 

Oke, let's back to the topic. Untuk apply ni SS yaa, boleh dibilang penuh perjuangan. Karena untuk apply aja, ada registration feenya. Dan saat itu, ak masih awam tentang transfer-mentransfer apalagi ni transfer ke Hongkong! Waktu itu pihak Hk University hanya menerima pembayaran dengan credit card atau bank draft. Nah loh, credit card sekeluarga ga da yang punya. Bank draft?
Apaan tuh bank draft? Transfer by rekening? Aduuuhh, kayaknya bukaann. Alhasil, setelah searching merching di mbah google, aku menemukan apa itu bank draft! Jadi kayak cek yang kita beli di bank agar bisa dicairkan oleh orang lain di bank luar. Jadi dengan ini saya menyatakan bahwa itu sangat amat merepotkan. Masa iya, setelah selesai beli ntu cek abis itu dikirim ke Hongkong by post? Ckck, dan setelah nyoba nanya ke BCA *ups sebut merek haha ternyata bank draft minimal USD 100, padahal itu cuma HKD 400 atau USD 40. Akhirnya aku lebih memilih meminjam credit card bulek aku, ketimbang repot-repot dan pusing tujuh keliling mikirin bank draft! Oke, kebingungan pertama selesai.

Setelah itu salah satu requirements menyebutkan untuk melampirkan final semester report *aku lupa sebutan englishnya apa haha, pokoknya intinya hasil dari semester terakhir yang kita ambil a.k.a Kartu Hasil Studi. Nah gimane ceritanya tuh, udah minta transkrip in english (kalo ini mah standar yaa) eehh minta KHS in english pula! Setelah tanya ke pengajaran jutap, ternyata mereka ga nyediain KHS in english. Dan berdasarkan saran pak Edi dan pak Aris, aku disuruh nyoba translate sendiri @__@ Yaaa, aku harus membuat tu KHS sendiri, tanpa tau bentuknya kayak gimana. Yaiyalah, orang belum pernah liat. Cari di mbah google pun format dari universitas luar pada aneh, dan enggak kayak KHS pada umumnya. Alhasil aku asal bikin ajaa,, KHS indonesia langsung aku translate-in hahaha, dan Alhamdulillah, pak Sarwadi mau tandatangan. Oke finish, semua berkas yang dibutuhin sudah di tangan. Tinggal submit dehh.

Eiittsss, tunggu. Selesai submit belum berati kebingunganku berakhir sampai disini saja yaaa. Setelah aku baca-baca lagi, ternyata oh ternyata buat masuk Hongkong untuk ikutan SS atau as a student, kita diharuskan mempunya student visa. Damn!! Padahal ya sebenarnya WNI itu boleh masuk Hongkong tanpa visa asal <30 days. Ya sama kayak pas KKP kemaren kan ga pake visa. Setelah baca gimana caranya apply student visa buat masuk Hongkong,
  1. Pihak Hk University bisa membantu, jadi dengan student kirim form ke Hk University (aku lupa bisa by mail atau harus by post) ditambah dengan biaya apply (lagi-lagi via bank draft atau credit card) lalu nanti pihak Hk University akan mengirimkan form kita ke Hk embassy. Setelah di accept sama embassy, pihak embassy mengirimkan ke university, lalu university akan mengirim stiker visa kita ke rumah by post! Bingung? Ruwet? Yes, That's true..zzzz banget deh.
  2. Kita apply langsung di Hk embassy jakarta, lalu nanti pihak embassy di Jkt akan mengirimkan form kita ke Hk, lalu setelah di accept, dari Hk kirim ke Jkt, baruu deh bisa kita ambil tu visa.

Setelah baca rute apply visa di atas, pasti akan memilih option 2, lebih mudah, ga repot, dan juga lebih murah.  Tapiii, yang jadi masalah adalaaahhhhh ni proses apply visa sampe dapet visa butuh waktu 1 bulan!! Lalu aku mulai bingung,, kapan pihak university ngasih pengumuman yaaa. Setelah menghitung hari detik demi detik, karena waktu itu kalo ga salah SS dimulai 9 Juli (kayaknyaa), jadi Juni awal aku udah mulai panik. Gimana nih, ko masih belum ada pengumuman,, apa yang ga ketrima ga di email yaa hahaha. Alhasil, aku coba email ke pihak Hk University. Ceritanya nanya gitu deh, " Eh, kapan nih pengumuman SS?? Udah tanggal segini nih! Gue kan butuh apply visa. Atoo ga butuh apply?? Tapi kayaknya dari keterangan yang lo cantumin, butuh visa deh! Trus gimana? Kan ntu butuh sebulan, ntar ga cukup doong waktunyaa?!?" yaa kira-kira inti emailku kayak begitu hahaha. Sehari,,,, dua hari,,, seminggu,,, ee buseett kagak dibales!! -___-

Yasudaaa, mungkin belom rejeki ane ikut SS di Hongkong University hiks hiks. TAPIIII, aku bangkit dan tidak larut dalam kesedihan! hahaha, aku terus mencari SS program and found about SS in Utrecht University, The Netherland. Agak mahal sih, apalagi pesawatnya!! Tapi setidaknya coba lah apply, toh ga ada reg fee nya. Daann, prosedur apply untuk ni SS lebih gampang dari yang Hongkong. Cuma submit data riwayat hidup gituu.. eh next day, aku udah dapet email acception letter. Eee busettt, haha kayaknya semua yang apply diterima gitu deh. Jadi aku langsung bilang deh ke mamaku tersayang. Mama ngebolehin, dan aku bilang aku bakal usaha nyari dana sponsor juga. 

Nah perjuangan buat bisa berangkat SS ke Utrecht nih yang mati-matian. Sampe tiap berangkat-pulang naik motor buat ngurusin dana, aku nangis sambil nyanyi Dreaming-nya Soo Hyun a.k.a Song Sam Dong. Yaa bukan karena apa-apa, aku ngerti arti lagu itu, dan aku juga nonton drama itu. Gimana Sam Dong berjuang buat ngeraih mimpinya jadi penyanyi tapi di tengah-tengah perjuangannya dapet cobaan macem-macem. Aku merasakan hal yang sama dengan yang diungkapkan dalam lagu tersebut. Gimana susahnya ngewujudin mimpi, gimana susahnya perjuangan itu. Jadi nangis deh tiap di jalan.

Perjuangan pertamaku adalah dapet tanda tangan dosen (pengesahan gituu) buat proposal sponsorship yang waktu itu sasaran pertamaku adalah masukin ke Garuda. Yaa kalo bisa dapet potongan flight tiket ato syukur-syukur gratis kan alhamdulillah banget. Dan chance buat nge-cut total biaya emang paling mungkin lewat flight tiket ini. Oiyaa, fyi, ak mulai ngurus2 persiapan tuh sekitar 20an Juni kalo ga salah. Dan SS dimulai 1 Juli, jadi yaa 1 bulan lebih seminggu lah waktu buat aku ngurus ini itu termasuukk V-I-S-A (lagi lagi visa).

Untungnya waktu itu, ada temennya Elen abis dari Belanda dan bikin visa dibantu oleh Mr Cor van Der Kruk. Sebut saja Mr Kruk. Alhasil, aku hubungin Mr Kruk buat minta tolong, lalu dia bilang hubungi by mail. Akhirnya setelah aku email dia dan tanya tentang gimana chance aku buat dapet visa dalam waktu 1 bulan lebih dikit itu. Dia cuma bales buat ketemuan di Hotel Tulip. Yaaaa, aku pikir di situ aku bisa curhat posisi aku yang masih cari sponsor pesawat padahal aku tau syarat apply visa itu booking flight harus ada. Jadi aku iyain, aku pikir kalo ketemu sekalian ngobrol banyak gimana gimananya.

to be continueee....

1 comment: