1/13/12

Night Side of Pattaya!!

Di post-an kali ini, aku bakal share pengalaman aku pas jalan-jalan di Pattaya. Seperti yang udah aku sampein di post-an sebelumnya, aku ke Pattaya ini buat ikutan symposium. Jadi kesempatan buat explore Pattaya, ya cuma pas malem hari. Sebenernya ga begitu bangyak yang bisa dikunjungi di Pattaya ini. Jadi ya kalo mau liburan, mampir ke Pattaya 2 hari 1 malam pun udah cukup banget malah.

Tidak ada perbedaan waktu antara Pattaya (seluruh Thailand sih) dan Jogja. Yang ada adalah perbedaan waktu terbenamnya matahari. Yang berarti juga waktu adzan magrib. Terlebih pas saat puasa gini. Perbedaan ini jelas kerasa banget. Di Pattaya, adzan magrib berkumandang jam 6.45. Jam 6 di sana pun masih kaya jam 5 di Jogja.

Malem pertama di Pattaya, aku manfaatin buat jalan-jalan ke Central Festival Mall
yang letaknya Cuma di seberang Golden Beach Hotel, tempat aku nginep. Mall ini cukup terkenal di Pattaya. Kalo aku ga salah, kayaknya ada di selebaran yang aku dapet di bandara waktu itu apa yaa. Yaah isinya seperti mall-mall pada umumnya deh. Di mall ya cuma ngelilingin mall tanpa mampir ke satu toko pun. Maklum, ga minat belanja dan males aja. Akhirnya cuma cari makan aja, yaahh walopun sebenernya dah buka pake nasi kotak pesawat haha. Karna udah planning buat nyobain makanan Thailand, jadi aku order mango rice stick, yaitu mangga potong biasa yang disajikan bareng ketan dan saus santan manis. Harganya rada mahal, 100 Baht alias 30 ribu rupiah. Ya karna di mall kali yaa.
penampakan luar dari central festival mall
ini di deket foodhallnya

this is it. mango rice stick
Okee di malem kedua, aku bareng temen-temen Indonesia lainnya jalan-jalan ke pantai. Jadi Pattaya nih, lokasi pantainya kayak Kuta di Bali gitu. Untungnya pantainya deket sama hotel tempet aku nginep. Cukup jalan sekitar 5 menit dah bisa liat pantai. Di pedestrian sepanjang pantai, banyak kaki lima yang berjualan, mulai dari fashion, cinderamata, makanan, dll (asal ga nyari kulkas ya di sini!). Ini khusus bagian kanan jalan nya ya yang kaki lima. Kalo kiri jalan, isinya hotel, 7 11, toko oleh-oleh, fish spa, thai massage, restoran, cafe, tempet makan, dan mall. Nah mall ini yang jadi tujuan utama malem ini. Soalnya di mall ini ada Ripleys-nya. Setelah jalan agak jauh dan agak lama karna mampir-mampir di toko-toko yang ada, akhirnya sampai juga di Royal Garden Mall. Waktu itu udah sekitar jam 9. Mallnya sih tutupnya jam 11. Jadi masih sempet makan di MCd. Aku yang baru buka pake susu, order paket chicken burger+fries+big cola seharga 150 Baht atau 45 ribu rupiah.

suasana pinggir pantai, di sini "ehem" juga nongkrong

toko-toko souvenir

toko-toko souvenir

penampakan royal garden plaza
Setelah makan, langsung cuss buru-buru ke lantai 3 tempat Ripleys berada. Dengan tiket terusan, kayaknya 750 Baht (lupa hehe) kita bisa milih 3 tempat dari 5 tempat yang ada. Aku sama temen-temen milih Louis Tussauds, Haunted House, sama Ripleys Believe It or Not. Louis Tussauds nih isinya patung liling orang-orang terkenal. Yaa ada yang mirip ada yang engga sih haha. Tapi gapapa lah, abisnya waktu di Hongkong ga masuk sih. Nah kalo Haunted House, dari judulnya dah pasti berbau serem-serem. Isinya ya serem-serem! Tapi asli mencekam dan menegangkan. Ampe cape teriak-teriak kaget. Kalo Ripleys ni isinya museum hal-hal yang aneh-aneh. Tapi sayangnya waktunya ga cukup. Jadi ga masuk deh.
di depan pitt-jolie
entah siapa ini, tapi mirip dosen u know who di pwk
di depan haunted house
Tujuan selanjutnya adalah Walking Street. Apa itu walking street?? Jadi sepanjang jalan ini ditutup buat kendaraan. Jalan ini beroperasi hanya pada malam hari. Isinya apaaa?? Sepanjang jalan ini isinya adalah cafe dan diskotik. Dan yang bikin ngeri, pelacur-pelacurnya ga segen berdiri di depan toko dengan bawa-bawa papan harga. Did you know how much you must pay for it?? It was only around 100 Baht. Muraahh banget. Macem-macem sih, tapi sejauh yang aku liat itu yang paling murah. Tempat prostitusinya macem-macem, ada yang eksklusif ada yang terbuka dan murahan. Ada yang cewek tulen dan ada yang jadi-jadian. Selain itu ada club khusus gay juga. Sebenernya aku sempet takut buat mampir ke sana. Tapi karna bareng-bareng ya boleh deh buat pengalaman haha.
di depan club yang kalo masuk musti nunjukin paspor

suasana walking street

akhirnya sampai di ujung satunya walking street

itu tu angkot yang jadi transport publik andalan Pattaya
Di beberapa tempat ada yang mentasin penari striptease with only wear bikini buat narik pelanggan. Sumpah tu jalan rameee banget. Ya emang tu jalan juga jadi destinasi wisata juga di Pattaya. Jadi ya pemerintah Pattaya juga dukung tuh tempat. Setelah jalan jauuh akhirnya sampe di penghujung jalan. Lalu kemudian hening. Kenapaa?? Karena kita semua bingung gimana cara balik ke hotel haha. Mana udah malem. Waktu itu udah jam setengah 12 an malem. Akhirnya kita urunan buat charter angkot, kendaraan publik andalan Pattaya. Dengan urunan sekitar 60 Baht kalo ga salah yaaa, hehe, akhirnya sampe juga ke hotel dengan selamat.

Lalu di kesempatan berikutnya di sela-sela kesibukan dari masing-masing buat nyiapain pementasan group buat acara closing, kita jalan-jalan di sepanjang pantai tapi jalan ke arah yang berbeda dari sebelumnya. Selain itu malem itu kita juga mampir buat memijakkan kaki ke pantai. Yaa pantai yuhuuuu. Sebenernya sebelumnya dah pernah mampir ke pantai bareng group. Tapi ini kan diskusi group ga membayang-bayangi pikiran. Jadi lebih asik aja. Kali ini sih targetku buat mampir ke Hard Rock Pattaya. Pengen beli satu baraaang aja deh.

Setelah jalan-jalan plus mampir liat-liat lapak di sepanjang pantai, akhirnya nyampe Hard Rock Hotel. Tapi gilaakk mahal-mahal banget. Kaos aja satunya nyampe 1000 Baht. Alhasil Cuma ngebeli topi deh. Yaa lebih murah dikit :p Oiya selain dapet topi, aku juga dapet belt murah cuma 50 Baht aja. Sekarang tujuan berikutnya adalah cari makan. Waktu itu aku lebi prefer makanan fast food. Selain aman dari pork, enaknya juga udah kejamin. Tapi temenku yang lain pada ga mauuuu hiks hiks hiks. Setelah puter-puter lamaaaa banget, akhirnya makan di family chinese food restaurant gitu deh. Di saat meja lain pada pesen kepiting, cap cay, dan macem-macem, kita cuma pesen padthai chicken ama bihun. Abis mahal siihh. Pesen 2 itu ama air putih aja dah abis 200 Baht. Hari sudah malam, sudah hampir jam 12 malam, meski aktivitas pedagang masih ramai tapi badan sudah lelah, kini waktunya balik hotel dengan angkot lagi. Dengan berakhirnya trip malam itu, maka berakhir lah perjalanan malam hari di Pattaya.

No comments:

Post a Comment