1/4/12

Sawadee ka, Thailand!!

Halo Thailand :)

Alhamdulillah, Agustus 2011 kemaren aku menginjakkan kakiku di negeri gajah Thailand. Dan aku juga baru tau dari temenku, mereka juga punya sebutan The Land of Smile. Yaa, Thai people dikenal ramah dan murah senyum. Emang sih orang sana ramah banget, dikit dikit salam sambil ngucap “Sawadee ka”. Tapi beberapa juga ada yang jutek. Hahaha

Aku berangkat ke Thailand dalam rangka USL Symposium di Pattaya tanggal 1-7 Agustus 2011. Tapi aku extended sehari buat jalan-jalan di Bangkok hehe. Sayang kaaannnn ga mampir puter-puter ibukota!

Pesawat berangkat tanggal 1 Agustus 2011 jam 6 pagi
dari Jogja. Yaa, aku ingetin bahwa tanggal 1 Agustus kemaren adalah hari pertama puasa Ramadhan. Alhamdulillah yaa, waktu itu aku berhasil puasa. Pesawat berangkat lagi dari Jakarta sekitar jam 10 dan dijadwalkan sampai di Svarnabhumi Airport  (pelafalan orang Thailand begini nih : “Swanabum”) jam 1 siang.
Suasana waiting room International departure Soetta yang sepi
Dan perjalanan di udara kemaren adalah perjalanan yang membosankan! Padahal aku udah planning dari rumah, kalo di pesawat mau nonton film, baca, denger musik, tidur, dan sebagainya. Tapi entah mengapa, perjalanan selama 3 jam di udara tersebut terasa lebih lama dibanding perjalanan pas KKP ke Hongkong kemaren. Tidur gabisa, nonton film rasanya males, denger musik ga da yang suka. Serba salah lah pokoknya. Ya mungkin karna lagi puasa. Hiks Hiks. Apalagi waktu makan siang tiba, cuma bisa ngiler. Tapii, tetep makanannya aku ambil lalu aku karetin dan dibungkus kresek. Kan lumayan buat buka di Pattaya, jadi ga perlu keluar duit hahaha. Dan setelah menghitung waktu, daratan Thailand mulai terlihat. Yuhuuuuu. Kita mendarat di Bangkok dengan disambut mendung.
di pesawat ketika boring
Bandara Svanabhumi yang terkenal dengan beton-betonnya
Sungai Chao Phraya yang membelah Thailand
Setelah turun dari pesawat, tujuan pertama adalah kamar mandi! Hahaha. Aku inget banget waktu itu aku sama temen-temen yang lain gatau cara ngeluarin air dari kran wastafel. Untungnya ada mbak-mbak yang ngasitau caranya. Hahaha, tapi biarpun maluuu, tetep fotoo doonggg.

Selesai dari kamar mandi, tujuan saat ini adalah cari di mana pengecekan imigrasinya. Beda kayak bandara Chep Lap Kok, Hongkong yang jarak turun pesawat sama imigrasi itu deket, nah ini jauuuhh. Mana abis itu ada persimpangan lagi. Tapi setelah baca papan sama nanya mbak-mbak cantik di bandara, ketemu deh imigrasinya. Gilak selama di bandara ga berhenti kagum sama cewe-cewe Thailand yang ada di sana. Pernah nonton film Thailand kaan? Yang artisnya cantik? Nah ya mukanya kayak begitu itu. Cantik!

begitu turun langsung foto
mulai bermunculan tulisan mirip aksara jawa
papan petunjuk
lukisan lukisan sepanjang travelator
anggrek yang katanya juga khas Thailand
masih belum menemukan imigrasi
bergaya sawadee ka tapi bawa-bawa nasi box pesawat haha
Selesai dari imigrasi, waktunya mencari panitia USL yang jemput kita. Tapiii,, ga ketemu-ketemu. Waktu itu dibilang, keluar dari pintu belok kanan. Nah ini kanannya itu masih ada jalan lurus yang sangat panjaaaanggggg. Dan ga ada orang yang pake baju Humanitarian Affairs. Alhasil kita nekat deh ambil resiko jalan lurus eee Alhamdulillah ya ketemu! Abis itu turun ke bawah dan ketemu temen-temen lain yang juga lagi nunggu. Bis bakal berangkat kalo peserta yang sampe di Bangkok sekitar jam segitu udah dateng semua dan mencukupi kuota.

Setelah nunggu lama sambil berdiri lho booo dan eyke puasa, finally berangkat juga naik bis tingkat yang nyaman. Panitia khusus udah menyewa bis buat memfasilitasi peserta menuju Pattaya. Tapi sebenernya Thailand emang menyediakan transportasi publik kayak bis serta kereta bandara untuk menuju downtown ataupun kota-kota wisata lainnya kayak Phuket dan Pattaya ini. Ya maklum, Svarnabhumi Airport itu letaknya di luar kota Bangkok, rada jauh sama downtownnya. Bahkan waktu di perjalanan aku ngeliat ada bis tingkat yang bisa sambil tiduran. Buseeettt. Mau doong tiduuurrr.
Baliho Thai airways di pinggir jalan
pemandangan sepanjang perjalanan
Ngomong-ngomong soal tidur. Eyke gabisa tidur nih cyyiiinn. Mana perjalanan kayaknya masih lama. Dan bener aja lama!! Setiap ketiduran dan melek lagi, masih aja di jalan tol. Pemandangan juga cuma lahan kosong ato kebon gitu. Bosen!! Mana ujan lagi. Dan waktu sudah menunjukan jam 4 sore. Masih aja belom nyampe. Tapi akhirnya setelah jam menunjukan pukul 5 sore, nyampe juga di hotel. Alhamdulillah. Pattaya!