11/20/12

The meaning of Cumcum

Yeaayy, akhirnyaa aku diwisuda juga hari ini. Alhamdulillaahhh..Setelah perjuangan-perjuangan menyelesaikan skripsi secepat mungkin. Mengejar sidang pendadaran yang berarti juga ngejar Pak Aris buat bikin jadwal yang tepat bin ajaib (makasih bangett Pak), akhirnya all hard works paid off!!

Tapii, di post-an ini aku ga mau ngomongin tentang graduation-ku. Yang bakal aku omongin adalah tentang makna Cumlaude. Sebenernya apa sih cumlaude itu. Kenapa sih harus ada istilah itu?? Aku penasaran deh, sebenernya kapan sih istilah itu pertama kali muncul? (yak, yang punya waktu luang seluang-luangnya boleh lho browsing, ntar abis itu kasitau akuu)

Cumlaude sendiri itu sebenernya intinya "predikat" yang diberikan kepada wisudawan, mm yah sarjana deh, yang lulus dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) >3,50. Yang kemudian, pada saat wisuda tuh wisudawan bakal make slempang bertulisan serta sebagai nilai plus juga saat dipanggil bakalan disebutin predikatnya itu. Sayangnya, aku ga cumlaude. Itu yang terpenting dari post-an ini. Inti sebenernya sih aku cuma pengin curhat (gpp kali yah, blog-ku sendiri ini) tentang sedihnya, nyeselnya, galaunya lulus ga cumlaude.


Well, sebenernya udah dari semester tengah-tengah aku bersikukuh harus lulus cumlaude. Apalagi habis itu aku dikelilingi orang-orang cumlaude (kakakku dan pacarku). Jadinya gimana pun caranya aku harus cumlaude. Sampe-sampe pas semester 7 setelah aku itung-itung IPK ku, kalo mau cumlaude nilai KKN dan TA (yang berbobot 8sks!!!!) harus A bulet semua. Itu akan berakhir dengan IPK 3,54. Demi berjaga-jaga, pas kebetulan karna ada pergantian kurikulum, aku ikutan remidi Statistika 1 (2 sks) sama MTP 3 (3 sks) dengan nilai masing-masing B- (cuma mau ngilangin minus doang) yang sengaja dibuat untuk mahasiswa 2008 ke atas. FYI aja, jurusanku ga memberlakukan semester pendek maupun remidi setelah ujian. Kalo nilainya jelek ato pengin bagusin nilai ya ngulang! Sebagai tambahan lagii, skripsi cuma bisa diambil barengan sama KKN, ga boleh ngambil mata kuliah lainnya. Hmmmm.

Oke balik lagi, akhirnya dengan membayar 50 ribu/sks aku remidi jugaa. Setelah nilai keluar ternyata oh ternyata Statistika 1 berhasil dapet nilai B bulet tapiiii MTP 3 sama aja tetep ada minusnya (Pak Suuuuurrrrr!!! sebenernya Bapak pengin jawaban yang kayak gimana sih, udah take home juga!). Setelah itu nilai KKN keluar dan alhamdulillah A. Lalu tinggal harap-harap cemas di nilai TA. Dengan hasil pra pendadaran yang ternyata metodeku salah, kemudian hasil pendadaran yang lumayan dapet masukan yang sangat amat masuk diakal, kemudian revisi yang aku tinggal liburan, aku pasrah sama nilai TA ku ini. Setelah kelar yudisium ternyata nilaiku A- ..... yak, ada minusnyaa!!!! IPK ku gabisa nyampe 3,51 dan cuma stuck di 3,49 T_T

Ternyata oh ternyata aku sangat amat salah perhitungan. Gatau gimana dulu aku ngitungnya. Ternyata dengan nilai TA yang A bulet pun sebenernya IPK ku baka mepet banget sebanget bangetnya. Yasudahlah nasi sudah menjadi bubur. Bubur sudah masuk ke perut... Semua sudah berakhir dan gabisa diulang. Sekarang cuma bisa introspeksi diri dan memperbaiki kesalahan sebelumnya. (cieee, bijak amat yaak)

Cumlaude sendiri sebenarnya punya arti tersendiri buat aku. Aku menganggap kalo aku kagum pada sesuatu berarti kalo aku seperti itu, orang lain juga bakal kagum sama aku. Begitu juga dengan cumlaude. Aku merasa kagum sama orang-orang yang cumlaude. Walaupun sebenarnya IPK orang-orang yang cumlaude itu bervariasi dengan jarak range yang beda-beda, toh mereka semua dapet status sama dan dapet slempang yang sama. Ada kebanggaan tersendiri bagi wisudawan yang cumlaude. Dan honestly, aku kurang bangga sama diriku sendiri. Karena aku sendiri menganggap orang-orang yang lulus tanpa menyandang gelar cumlaude itu biasa. Jadi aku menganggap diriku ya biasa aja. Seandainyaaa... aaahh ga ada seandainya, semua sudah terjadi.. Ya itulah cumlaude. Ada yang cumlaude ada yang engga. Dan aku yang enggak -__-

No comments:

Post a Comment