2/1/12

Bangkok Dangerous!!!

안녕하세요 !!!
Di Post-an ini aku bakalan ngepost tentang perjalanan 1,5 hari di Bangkok. Yaa sebenernya satu setengah hari itu ga cukup sih buat ngexplore seluruh Bangkok. Tapi cukup puas deh. Apalagi itu pertama kalinya backpacking. Seru!!

Day 1
Sampe di Svarnabhumi Airport sekitar jam setengah 9 pagi. Setelah itu langsung capcus ke Hostel buat naruh barang. Karna aku pergi berempat bareng temen, jadi lebih murah naik taksi (sebenernya berlima tapi yang satunya lagi karna telat jadi nyusul). Kami semua nginep di Thai Cozy House yang ada di Tanee Road. Deket banget sama Khaosan Road yang terkenal sebagai Kuta-nya Bangkok. Bisa dibilang ni hostel strategis!
Setelah check in, naruh barang, tuker duit di CIMB Bank depan hostel, langsung jalan ke Grand Palace yang katanya deket itu (beneran deket kok!). Tapi ini ak share pengalaman selama perjalanan menuju Grand Palace :
1. Nanya pedagang yang ada di sepanjang jalan dan mereka ga ngerti karna gabisa bahasa inggris. Setelah ditunjukin peta, mereka tetep ga ngerti karena gabisa baca alphabet -__-

2. Nanya supir tuk-tuk lalu diboongin katanya jauh. Padahal kita dah dibilangin sama resepsionis hostel kalo deket. Trus katanya mau nganterin. Tapi daripada, kena tipu mending gausah deh! Oiya kisah supir tuk-tuk yang suka boongin turis nih udah bukan rahasia umum lagi.

3. Akhirnya nemu titik terang setelah ketemu sesama turis yang mau ke Grand Palace juga. Daan jalan yang kita ikutin itu bener !! Alhamdulillah yaaa

4. Waktu jalan ada bapak-bapak yang sksd sama kita. Katanya dia selalu senang ama orang Indonesia dan bersedia nganter ke floating market. Gini nih orang-orang yang musti diwaspadai di Bangkok. Jangan ampe ketipu!

5. Pas udah sampe depan Grand Palace, kita semua bingung masuknya lewat mana. Lagi-lagi ada bapak-bapak datengin dan ngomong kalo lagi tutup. Jadi mendingan mampir dulu ke floating market. Walaupun awalnya sempet percaya karena bingung kenapa pintunya ditutup, akhirnya kita mutusin buat nyoba jalan lagi ke depan. Ternyata bisa masuk. Hmm, hampir aja ketipu!

Nahh, intinya sebelum ke Bangkok pelajarin bener objek-objek wisata yang mau dikunjungin. Jangan sampe ketipu sama orang-orang yang mau ngambil keuntungan. Di Bangkok ni banyak kasus tipu menipu ini.

Ini dia foto-foto yang aku ambil sepanjang perjalanan menuju Grand Palace. Bangkok ni bangga banget sama raja dan ratunya. Di jalan-jalan banyak dipasang foto-foto raja dan ratu. Selain itu di tengah-tengah jalan, dibuat bangunan-bangunan yang menarik. Jadi bisa buat foto-foto deh, padahal gatau itu apa. Taman-taman kotanya juga indah. Yaahh walaupun ga di seluruh wilayah Bangkok kayak gini sih. Tapi mayoritas di wilayah-wilayah yang rame banyak taman kotanya. Termasuk daerah strategis Grand Palace ini. Di depannya ada alun-alun dengan pedestrian yang lebar dang bagus. Selain itu ada tempat duduknya buat nongkrong. Ya mungkin karna daerah ini yang bakalan banyak dikunjungin turis juga. Selain ada Grand Palace, juga ada Wat Pho di deket situ. Tapi aku ga mampir. Di bawah ini ada foto festival anak-anak yang diadain di pinggir jalan.  Kalo yang sebelah kanan jelas raja nya Thailand yang entah namanya siapa :p maap ya paakkk

Setelah beli tiket masuk yang ternyata udah naik jadi 400 Baht T_T, kita pun masuk ke area Grand Palace. Takjub!! Bagus banget tu istana. Coba Kraton bisa dipoles sekeren itu hahaha. Kita berlima pun berpisah karena kebutuhan untuk berpoto masing-masing alias narsiiiss. Tapi, karena komunikasi yang cukup sulit jadinya tidak memungkinkan untuk ketemuan lagi. Aku berdua ama temenku pun langsung jalan ke Chatuchak Weekend Market karna waktu itu udah jam 1 siang.

Dengan bantuan bapak-bapak di depan pintu gerbang Grand Palace yang ngasitau gimana cara nyampe Chatuchak (kali ini ga nipu), kita pun naik bis umum menuju Hualamphong dimana stasiun MRT terdekat berada. Perjalanan memakan waktu sejam karena macet. Gilaakk macetnya tuh bisa stuck, dan itu karena jalan yang kecil, kendaraan yang banyak, daann traffic light. Di perjalanan sampe sempet ketiduran, tapi mau tidur beneran takut kebablasan. Lagi-lagi karna bantuan mas-mas yang baik dan ganteng haha, kita berdua dikasi tau daerah Hualamphong itu yang mana dan ditunjukin stasiun MRT nya. Setelah beli tiket dengan membayar sebesar 40 Baht, kita bisa nyampe Chatuchak dalam waktu 30 menit. Beda sama MTR di Hongkong yang tiketnya beli di mesin lalu dapet kartu kayak ATM, di Bangkok ni pake loket tiket trus tiketnya bentuknya chip koin dari plastik. Dan ini ga boleh ilang sampe tujuan. Kalo ilang, ntar gabisa keluar dari stasiunnya.
Jarak dari pintu keluar stasiun MRT Chatuchak ke pasarnya cukup deket. Tinggal menyusuri taman, langsung nyampe deh di pasar terbesar di Thailand ini. Di pasar ini dibagi-bagi spotnya. Ada khusus fashion, kerajinan dan oleh-oleh, binatang, sayur, dll. Pokoknya mau nyari apa aja bakal ada di ni pasar. Karena ga nemu peta pasar ini jadi ya cuma asal jalan aja.

Suasana di Chatuchak Market bagian luar
Pertama, karna ga puasa hehe, jadi ya beli makanan yang emang bikin ngiler. Kita beli crab stick, chicken stick, ama kentang goreng. Enak banget, apalagi minumnya cola dingin. Mantebb! Setelah kenyang, langsung cari oleh-oleh yang ternyata spotnya ada di seberang tempat kita jajan. Langsung perburuan dimulai.
Gak terasa udah jam setengah lima, badan udah capek banget, bawaan udah berat, ditambah belom sholat. Alhasil ga mampir-mampir ke spot yang lain deh. Lagian dah mau tutup juga pasarnya. Akhirnya langsung balik naik MRT lagi menuju Hualamphong.
Sampai di Hualamphong mendung banget. Karna takut ujan, dan males nanya-nanya, kita berdua mutusin buat naik taksi aja. Bener aja, pas udah di dalem taksi ternyata ujan deres. Dan beruntung lagi karena bapak sopirnya baik banget. Bisa diajak ngobrol dan ga muter-muterin kita biar argonya mahal.
Malemnya karena capek dan males keluar, duo Chatucak lebih milih stay di hostel dan ngenet. Sementara yang lain, keluar buat jalan-jalan ke Khaosan Road. Aku pun nyempetin mampir 7-11 yang ada di seberang hostel buat cari milk tea haha. Abis itu terlelap tidur.

Day 2
Pagi-pagi banget tanpa mandi, kita semua capcus buat jalan-jalan di sekitar Sungai Chao Phraya. Menurut peta sih harusnya deket, jadi kita pede aja jalan kaki. Sampe di ruas jalan yang katanya Sungai Chao Phraya, ternyata ga kliatan sungai sama sekali. Cuma bangunan gitu. Pelabuhan yang di peta itu deket juga ga kliatan. Setelah nanya di 7-11 akhirnya ketemu juga Phra Arthit yang jalan masuknya kayak gang sempit. Ga bakal nyangka masuk ke gang itu langsung keliatan sungai Chao Phraya!

Di sebelah ini adalah foto-foto sepanjang perjalanan menuju Sungai Chao Phraya. Ternyata daerah ini merupakan daerah turis. Banyak cafe nongkrong, fish spa, thai massage, kios souvenir, money changer, dan juga hostel backpack. Namanya Rambutri. Sebelumnya pernah sih rencana nginep di sini juga. Harganya lebih murah daripada Thai Cozy. Tapi puas juga deh nginep di Thai Cozy. Soalnya bangunan-bangunan di sini beberapa udah jelek, dan di beberapa spot baunya rada gimanaaa gituu.

Setelah itu nanya-nanya ke penjaga Pier-nya (pelabuhan) kalo tujuan kita mau ke Wat Arun. Jadi tinggal ngikutin petunjuk aja tentang transit-transitnya juga. Gak lama kita pun sampai di Wat Arun yang emang ada di pinggir sungai Chao Phraya. Temple ini terkenal dengan tangganya yang curam banget. Gilak capek banget naik tangga di Wat Arun ini. Aku nyerah dan milih nunggu di bawah tanpa naik ke atas. Padahal kata temen-temen dari atas bisa keliatan Kota Bangkok yang cantik. Oiya di Wat Arun kita ketemu sama sepasang suami istri asal Surabaya.

Inilah Phra Arthit. Salah satu pool tempat naik-turun penumpang kapal Sungai Chao Phraya. Phra Arthit ini pool terdekat dari daerah Khaosan. Kapal ini jadi salah satu transport andalan buat warga Bangkok. Ada yang sekolah, kerja, atau kemana aja. Sebenernya ada kapal khusus tourist. Tapi lebih mahal. Untung aja, kita bisa naik kapal yang biasa yang emang udah bagus (karna ada yang mengerikan kayak udah mau tenggelem aja haha). Biasanya kan tourist "dipaksa" untuk naik yang tourist ship. Dan kalo tau rasanya naik di atas dek tempet naik turun yang ngapung di sungai ituuu, NGERI!! bisa goyang-goyang gitu. Tapi akhirnya selamat-selamat aja tuh. haha. Must try deh kalo ke Bangkok.

Ini view Wat Arun yang diambil dari atas kapal dan juga view Kota Bangkok yang diambil dari puncak temple. Aku sih ga naik karna ga kuat sama kecuraman tangganya. Tapi nyesel juga sih haha. Oiya info dari sesama turis waktu ketemu di airport, di Wat Arun ini sebenernya juga ada yang jual oleh-oleh dan souvenir dengan harga yang murah. Tapi sayang, karna waktu itu buru-buru ga sempet keliling. Next time deh!

Tak terasa waktu udah menunjukkan sekitar jam 9an. Karena kita semua harus sampe di airport jam 11. Jadilah cepet-cepet balik. Sampai di hotel cuma beres-beres dan sikat gigi, tanpa mandi!! hahaha. Bayangkan udah semalem ga mandi, itu seharian di jalan juga ga mandi.
Dengan naik taksi, kita pun sampai di Svarnabhumi tepat waktu. Kepagian malah. Nunggunya lama. Jadi ya belanja coklat ama minuman yang ga ada di Indo. Daahh Bangkok. See u later!!