6/7/12

The people and MRT

Selama di Singapore kemaren, transportasi andalan saya dan teman saya Elen adalah MRT (selain jalan kaki gempor lho ya). Nah saya sebenernya jatuh cinta nih naik transportasi publik kayak gini. Seru!! Dan karena emang hobi saya ngamatin orang, selama perjalanan baik lagi pindah  platform, lagi nunggu kereta dateng, ataupun selama perjalanan di dalem kereta, ya sudah pasti yang saya lakukan ngeliatin orang-orang di sekitar saya hehehee.

MRT bakal rame banget kalo jam-jam berangkat kantor dan pulang kantor (sekitar jam 8 pagi dan jam 5-6 sore). Karena sempet kena weekend di Singapore, stasiun-stasiun yang ramai cuma yang melewati rute-rute penting aja. Kalo yang pinggirannya Singapore ya sepi deh keretanya. Dan mereka ini orangnya bener-bener ngebut dan ngebet deh. Tiap jalan mau pindah platform, keluar stasiun, menuju stasiun, selalu ngebut! Time is really money for them. Makanya di eskalator selalu ada tulisan "stand behind the line", jadi sebelah kiri eskalator buat yang pada males alias cuma pengen berdiri aja nungguin eskalator nyampe, yang sebelah kanan khusus buat yang buru-buru alias tetep naikin tu tangga eskalator.

Stasiun MRT Ang Mo Kio, salah satu distrik residensial di Singapura



Yang bikin kesel sih, kalo kita lagi menuju suatu platform melalui lorong, trus dari arah yang berseberangan alias platform yang kita tuju, baru saja ada kereta yang pergi, pasti banyak banget orang menyerbu kita dari arah berlawanan itu karena banyak penumpang yang baru saja turun dari kereta dan mau pindah jalur. Meskipun sebenarnya juga udah ada line pembatas, tetep aja orang-orang itu ngelanggar line. Itu baru sisi ngebutnya ya. Kalo sisi ngebet sih udah pasti, mereka ga mau ketinggalan kereta. Misalnya mereka baru mau turun platform, lalu ngeliat kereta nunggu dan hampir nutup pintunya, tentu aja mereka ga akan tinggal diam. Lari sekenceng-kencengnya lalu masuk deh. Kalo saya sebagai turis sih ya, diihh males banget! Apalagi kalo keretanya full, tambah males deh haha.

Selain itu, mereka itu gadget maniacs!! Gimana enggak, jalan masuk menuju stasiun, keluar stasiun, pindah platform, dan juga during the trips, banyak banget yang sambil mainan gadget. Entah sms-an, , dengerin musik (sampe suaranya kedengaran padahal pake earphone), ngeliat foto-foto cewe di facebook (ini nih kebetulan nge-gap in remaja cowok di sana haha) trus dikomentarin bareng temennya, entah main game even just diamond dash!, sampe nontonin video. Iya, video, gatau deh video apa. Menurut analisis pribadi sih, mungkin mereka ga punya waktu kali ya, sampe waktu entertaining mereka pake selama perjalanan yang mungkin juga lama. Naik eskalator aja sambil mainan diamond dash!

Nah kalo yang khusus etnis India beda cerita. Ini adalah etnis yang kami berdua takutin selama trip di Singapore kemaren. Gimana engga, tampang mereka tu serem abis. Dan kebanyakan dari mereka adalah penduduk yang jadi buruh-buruh kerasnya Singapore. Kerjaan mereka selama di kereta adalah ngeliatin gadget orang yang duduk di sebelah mereka!! Ngintip gitu ceritanya. Dan ngintipnya itu bener-bener lama tanpa ngalihin pandangan, yaa kecuali ketahuan sama orang yang diintip haha. Rese kan yaa!

Kalo untuk masalah keseimbangan, saya acungi jempol buat mereka. Keren banget ngejaga keseimbangan walaupun keretanya goyang-goyang, belok-belok, ataupun ngerem pas udah sampe. Bahkan kadang, walopun ada kursi yang available, beberapa dari mereka lebih milih berdiri. Pernah saya ngeliat, ada cewek pake stilleto, berdiri di kereta tanpa pegangan dan malah asyik mainan handphone! Kalo saya sih udah angkat tangan deh. Pegangan aja kadang masih goyah-goyah trus terpaksa minta maaf sama orang sebelah kalo-kalo keinjek kakinya hahaha. Ahh, jadi kangen masa-masa itu!!

No comments:

Post a Comment