1/17/13

Opini orang yang sedang tinggal di Jakarta

Sebagai seorang WNI yang sedang tinggal di Jakarta, boleh dong, sedikit beropini tentang permasalahan Jakarta. Oke, baru-baru ini sedang gembar-gembor permasalahan pembangunan proyek 6 ruas tol dalam kota yang dipegang oleh Kementerian PU. Ceritanya sih, itu proyek udah ada sebelum jaman Jokowi dilantik jadi gubernur Jakarta. Tapi rencana realisasi proyek adalah tahun ini sampai tenoneeettt 10 tahun ke depaannn.

Singkatnya, pada saat kampanye Jokowi jelas-jelas menolak pembangunan 6 ruas toldalkot tersebut. Alasannya, ia hanya akan concern pada upgrade transportasi massal untuk Jakarta. Tapi entah kenapa, setelah bertemu dengan pihak PU, kok jadinya Jokowi setuju ya sama ntu proyek yang trilyunan? Katanya sih, doi baru paham manfaat itu tol dan doi mensyaratkan bahwa 6 ruas tol tersebut harus bisa diakses oleh transportasi umum secara gratis!! Woiii, Pak Jokowi, dikate tol itu jalan raya?? Begitu mau turun tinggal bilang "kiri baanggg!!". Gituu?? Trus bakalan ada halte di ruas jalan yang rencananya tingginya bakalan 20 meteran?? Kalo aku jadi penumpang busway nya mah males banget!! Gempor ni kempol cooyyyy!!


Kalo menurut ane pribadi nih, sebenernya Jokowi udah paham kalo Jakarta ga butuh tol tapi butuhnya sistem transportasi massal yang aman, nyaman, cepat, dan terjangkau. Tapiiiii, pasti digencet permainan politik niihhh. Yaahh, namanya Jakarta. Walopun saya juga ga begitu paham dengan politik di negara tercinta ini. Kasiaan ni sama ibukota. Udah macet, kemiskinan masih bejibun, mau kemana-mana susah. Enak sih naik busway. Enaaakk lhooo, apalagi pas rush hour nya, enak bangettt!!!! Jadiii, kenapa sih ga nambah, upgrade, dan memperbaiki armada TJ yang udah ada?? Atoo, katanya kemarin Jokowi gembar-gembor MRT?? Kok sekarang rada melempem?? Kapan doong Jakarta mau majuuuuu. Kalo tu tol jadi dibangun, yang ada Jakarta bakalan lumpuh total. Image ruang Jakarta juga bakal jelek banget dengan adanya jalan-jalan melayang yang melingker tinggi menyelimuti kota. Bukankah, sudah banyak studi-studi yang membuktikan kalo highway atopun nambah jalan itu ga menyelesaikan permasalahan kemacetan??? Nikmat di awal, tapi baru berapa bulan udah balik menderita lagi dan justru akan semakin parah!!!

Saat ini, kota-kota di negara lain lagi pada sibuk upgrade sistem transportasi massal mereka yang sudah bisa dibilang oke punya. Nah ini, Jakarta, malah mau melipir ke bikin tol dalam kota. Haduuuhhhhh *tutup mataaa. Pliiissss bangettt Pak Jokowi, tolongin atuuhh warga Jakarta, kesiaannn. Udah kebanjiran nih, masih mau terjebak oleh kebijakan yang salah dan sama sekali tidak menyelesaikan masalah. Sudah pak, buat masalah transportasi, aku kasih saran sedikit niihh *cieehhhh :
1. Nambah armada busway TJ, upgrade armada TJ yang udah ada karna beberapa udah buluk dan mesinnya kadang bermasalah, trus nambah koridor ato rute busway TJ nyaaa
2. Walopun saya ga paham betul tentang kelayakan pembangunan sistem MRT di bawah tanah Jakarta ini, tapi karna "katanya" aman dan bakalan aman dari banjir, jadi ya boleh lah pemprov concern sama tu proyek. Jangan sampe batal, dan cuma janji belaka aja di depan.
3. Berkaitan dengan poin 3, kalo misal MRT sudah mau beroperasi, pemprov Jakarta sebaiknya melakukan banyak public hearing buat masyarakat tentang sistem operasi MRT ini. Biar masyarakat gak kagok dan "semoga" mau menjaga kebersihan dan kenyamanan kereta MRT. Kan bahayaa tuh kalo mental penumpangnya masih sama kayak mental naik KRL.
4. Setelah semua sistem terbangun dengan baik, mulailah Jakarta dengan kebijakan kepemilikan kendaraan pribadi. Terserah deh mau pajak dimahalin ato proses kepemilikan/membeli kendaraan pribadi dipersulit. Jadi middle class diharapkan mau bergeser pindah ke public transport yang sudah tersedia.

Yahh itu aja siihh saran aku yang awam ini, kalo mau lebih detil dan teknisnya, tunggu aku selese S2 dulu yaaa *Amiiinn amiinn amiiinnn

No comments:

Post a Comment